Senin, 31 Mei 2010

Sampo. Shampoo. Syampo

Selama tahap awal sampo, penata rambut Inggris merebus sabun dalam air dan menambahkan herbal untuk memberikan aroma dan kesehatan rambut. Kasey Hebert adalah pembuat pertama sampo.Ia menjual sampo pertama, "Shaempoo" disekitar rumahnya, London, Inggris.

Di masa lalu, sampo tradisional yang terbuat dari sekam padi dan jerami padi (merang). sekam dan jerami yang dibakar ke dalam abu, dan abu (yang memiliki sifat basa) dicampur dengan air untuk membentuk busa. Abu dan busa itu yang digosok ke rambut. Namun, ini membuat rambut kering. Oleh karena itu, setelah keramas, Orang Indonesia memakaikan minyak kelapa untuk meremoistenkan rambut. (Lihat: Kompas - Di dalam bahasa Indonesia).

Awalnya sabun dan sampo adalah produk yang sangat mirip, karena biasanya terbuat dari surfaktan (sejenis deterjen).

Spoiler for surfaktan:


Spoiler for surfaktan:


Shampo menjadi evolusi logis dari produk kebersihan pribadi, dan ditargetkan unntuk kebutuhan khusus rambut dan bukan tubuh secara umum. Melalui program luar abad ke-20 sejumlah shampoo dirancang khusus untuk berbagai jenis rambut yang berbeda & membersihkan rambut lebih lembut dan efektif. Sekarang, surfaktan sintetis terutama digunakan dalam sampo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar