Senin, 31 Mei 2010

Bendera Indonesia & Monaco

Indonesia

Lebar: 2 Meter
Panjang: 3 Meter
Mulai Digunakan: 17 Agustus 1945

Sejarah: Warnanya berasal dari panji-panji Majapahit abad ke-13. Kemudian, warna-warna ini dihidupkan kembali oleh para mahasiswa dan nasionalis pada awal abad ke-20 sebagai ekspresi nasionalisme melawan Belanda. Merah bendera putih dikibarkan untuk pertama kalinya di Jawa pada 1928. Di bawah pemerintahan Belanda, bendera itu dilarang. Dan mulai digunakan sebagai bendera nasional pada tanggal 17 Agustus 1945, ketika kemerdekaan diumumkan dan telah digunakan sejak saat itu.

Ada juga cerita lain tentang bendera Indonesia, yang secara signifikan berhubungan dengan bendera Belanda. Di bawah kolonialisme Belanda, setiap administrasi yang digunakan Belanda (merah-putih-biru) flag. Bendera Indonesia adalah dilarang. Untuk melambangkan maksud memaksa keluar Belanda, kaum nasionalis Indonesia dan gerakan kemerdekaan mencabik-cabik bendera Belanda. Mereka merobek bagian bawah bendera ketiga, dan memisahkan warna merah dan putih dari warna biru. Alasan utama adalah karena warna biru pada bendera Belanda itu dipahami sebagai berdiri untuk "berdarah biru" aristokrasi. Sebaliknya, warna merah mewakili darah yang dicurahkan dalam Perang Kemerdekaan, sedangkan putih bisa dipahami untuk melambangkan kemurnian Indonesia. (Peristiwa hotel yg di Surabaya gan)

Secara tradisional, sebagian besar orang Indonesia telah menggunakan warna merah dan putih sebagai warna suci mereka, mencampurkan warna gula (warna merah berasal dari gula kelapa atau gula aren) dan beras (berwarna putih). Inarguably, sampai hari ini, kedua hal ini adalah komponen utama sehari-hari atau memasak masakan Indonesia. Rupanya, orang Jawa di Kerajaan Majapahit juga menggunakan konsep ini dan dirancang bendera mereka sebagai merah dan putih. Selain itu, warna merah dan putih juga digunakan untuk sepupu jauh di Indonesia, Madagaskar itu sebagai warna bendera nasional.

Spoiler for Bendera Indonesia:




Monaco

Lebar: 2,5 Meter
Panjang: 3 Meter
Mulai Digunakan: 4 April 1881

Sejarah: Bendera nasional Monaco memiliki horizontal merah (atas) dan putih, keduanya telah menjadi warna heraldik Dewan Grimaldi setidaknya sejak 1339. Desain bicolor yang sekarang diadopsi pada 4 April 1881, di bawah Pangeran Charles III.

Bendera Monako yang asli, mirip dengan kondisi saat ini tetapi versi yang lebih tua Lambangnya, telah digunakan dari kerajaan awal (kecuali selama aneksasi ke Perancis 1793-1814) sampai sekarang, desain sederhana diadopsi tahun 1881.

Desain lain (di bawah), bendera negara bagian lengan (belah ketupat dalam keluarga Grimaldi warna, di heraldik istilah "lozengy argent dan warna merah"), digunakan pada berbagai waktu, terutama di tahun 1600-an, sebagai bendera resmi, dan masih muncul dalam beberapa foto kerajaan. Namun, ia tidak digunakan, dan tidak mewakili apapun resmi Monako pada khususnya.

Spoiler for Bendera Monaco:



Spoiler for Lambang Kerajaan:


Sumber: Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar