Senin, 31 Mei 2010

Peristiwa Yang Terjadi Saat Tanggal, Bulan & Tahun Berurut

1 Januari 2001

-Sebuah monolit hitam sekitar 9 meter muncul di Seattle, Washington Magnuson Park, dibuat oleh seorang seniman yg tidak diketahui namanya dalam referensi film 2001: A Space Odyssey

Spoiler for black monolith:


-Ray Walston, Aktor Amerika meninggal (lahir 1914)

Spoiler for Ray Waltson:



2 Februari 2002

-Pangeran Willem-Alexander dari Belanda, pewaris tahta Belanda, menikah dengan Máxima Zorreguieta Cerruti di Amsterdam

Spoiler for Willem-Alexander & Máxima Zorreguieta Cerruti:


–Paul Baloff, penyanyi Amerika meninggal (lahir 1960)

Spoiler for Paul Baloff:



3 Maret 2003

-Di bawah tekanan Amerika yg intens, Parlemen Turki akan mempertimbangkan pemungutan suara kedua pada apakah mengizinkan tentara AS menggunakan pangkalan Turki untuk serangan militer terhadap Irak

Spoiler for tentara turki:



4 April 2004

-Iran meminta anggota Uni Eropa (Perancis, Britania, dan Jerman) untuk berdiri dengan komitmen mereka dalam kerangka Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir (NPT) dan Deklarasi Teheran. (Tehran Times)

Spoiler for Kota Teheran:


-Thomas H. Kean, ketua komisi menyelidiki serangan 11 September 2001 dan mantan gubernur Republik New Jersey mengatakan bahwa serangan dapat dicegah pemerintah Amerika Serikat kalau bertindak cepat untuk membongkar Al-Qaeda dan menjawab lebih cepat untuk ancaman teroris. (NYT)

Spoiler for Thomas H. Kean:



-Bea Cukai AS dan Badan Perlindungan Perbatasan memulai patroli dengan kendaraan udara tak berawak untuk mengidentifikasi imigran gelap di perbatasan tanah AS. (Post-Newsweek Media)

Spoiler for imigran gelap:


-Serhane ben Abdelmajid Farkhet (alias "The Tunisia") diduga mati dalam 3 ledakan Madrid (bersama dengan tiga tersangka lainnya). Menteri Dalam Negeri Spanyol Angel Acebes mengumumkan bahwa tahun 2004 pemimpin kelompok 11 Maret pemboman Madrid sudah mati. 200 detonator dan 22 kilogram dinamit ditemukan "di apartemen tempat empat teroris meledakkan diri saat polisi tertutup di", Acebes kata. (BBC News) (NYT)

Spoiler for Serhane ben Abdelmajid Farkhet:


-Polisi Inggris menolak pembahasan laporan atas ton terhitung pupuk amonium nitrat yang dicuri dari peternakan Welsh dekat Abergavenny, South Wales. (Ananova)

Spoiler for amonium nitrat:



5 Mei 2005

-Ortodoks Patriark Yerusalem Irineos usai mengikuti kontroversi atas penyewaan tanah gereja-dimiliki untuk kelompok ingin meningkatkan kehadiran Yahudi di kota tua Yerusalem. (BBC)

Spoiler for Ortodoks Patriark Yerusalem Irineos:


-Sebuah ledakan di luar Britania Raya konsulat di New York City terjadi pada 07:35 GMT. Tidak ada dilaporkan cedera. Polisi mengatakan, mereka telah menemukan potongan-potongan dari perangkat peledak. (Wikinews) (BBC) (Reuters)

-The Indian Space Research Organization meluncurkan satelit pemetaan, CARTOSAT-1 dan HAMSAT Amateur Radio satelit, ke orbit Bumi (Tribune) (Space.Com) (Hindustan Times) (Reuters)

Spoiler for The Indian Space Research Organization:


-Sebuah pengadilan Hong Kong membalikkan keyakinan dari 8 anggota Falun Gong. (Standar) (IHT) (Law & Order, HK) (BBC)

Spoiler for Falun Gong:


-Pemerintah Kazakhstan menutup Respublica pro-oposisi kertas. (Reuters) (PolitInfo)


-Di Niger, aktivis anti-perbudakan Ilguilas Weila dibebankan dengan penipuan berusaha. (Reuters AlertNet) (BBC)

Spoiler for Ilguilas Weila:



6 Juni 2006

-Javier Solana, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, tiba di Teheran untuk berbicara dengan Pemerintah Iran tentang rencana untuk mengembangkan fasilitas pengayaan uranium. (CNN)

Spoiler for Javier Solana:


-Uni Pengadilan Islam mengumumkan bahwa telah merebut Mogadishu, ibukota Somalia, setelah pertempuran dengan Aliansi untuk Pemulihan Perdamaian dan Counterterrorism, sekelompok panglima perang yang didukung-AS sekuler. (AP)

-Alan García dari APRA adalah Presiden terpilih kembali di Peru setelah menang limpasan dengan Uni untuk Peru Ollanta Humala pada hari Minggu. (FoxNews.com)

Spoiler for Alan Garcia:


-Serbia menegaskan pembubaran Uni Negara Serbia dan Montenegro, dan menyatakan kemerdekaan. (BBC)

-Australia panggilan untuk lebih pasukan Timur Asia Selatan dan polisi untuk membantu mengatasi kerusuhan sipil di Timor Timur. (ANTARA News)

Spoiler for Tentara Australia:



7 Juli 2007

-Paus Benediktus XVI menghapus pembatasan merayakan Misa Latin tua, menghidupkan kembali sebuah liturgi Ritus Romawi kuno Misa yang pada dasarnya dihapuskan selama Konsili Vatikan II pada tahun 1962. (Wahington Post melalui AP)

-Tujuh Keajaiban Dunia diumumkan. Ini adalah Tembok Besar China, Petra di Yordania, patung Kristus Penebus di Brasil, Machu Picchu di Peru, Chichen Itza Meksiko situs Maya, Colosseum di Roma dan Taj Mahal di India. (Reuters via Australia Berita ABC)

-Sebuah kecelakaan bus di Jawa menewaskan setidaknya 14 orang. 48 orang terluka, banyak serius. (AP melalui Guardian itu)

-2.007 Amirli pengeboman: Sedikitnya 105 orang tewas ketika seorang pembom bunuh diri menyerang truk sebuah pasar di Amirli di Irak utara dengan penduduk mayoritas Syi'ah Turkmenistan. (Reuters via ABC News Australia)

-Pemerintah Afghanistan menyatakan bahwa ia akan menyelidiki klaim bahwa Amerika Serikat dan NATO serangan udara menyebabkan korban sipil berat di Propinsi Farah dan Provinsi Kunar. (ANTARA News)

-Raja Gyanendra dari Nepal merayakan ulang tahun 60-nya di tengah protes oleh mahasiswa dan sayap pemuda dari delapan partai yang berkuasa.


8 Agustus 2008

-Olimpiade Musim Panas tahun 2008 dimulai dengan Upacara Pembukaan Olimpiade Musim Panas 2008 di Stadion Nasional Beijing. (The Christian Science Monitor)

-Sebuah kelompok teroris mencari sebuah negara muslim independen di Xinjiang, Cina mengancam rilis video serangan terhadap Olimpiade 2008. (The New York Times)

-Presiden Amerika Serikat George W. Bush mendedikasikan sebuah kedutaan Amerika yang baru di Beijing. (VOA)

-Krisis ekonomi tahun 2008


9 September 2009

-US Perwakilan Joe Wilson (R-SC) sela perawatan kesehatan Presiden Barack Obama pidato kepada Kongres dengan teriakan terdengar dari "Kau bohong!" (New York Times)

-Penerbangan AeroMexico 576, sebuah Boeing 737 yang membawa 104 orang, yang dibajak lama setelah lepas landas dari Cancún, dan dipaksa untuk mendarat di Bandara Internasional Mexico City. (BBC News)

-Partai Demokrat Jepang setuju untuk membentuk koalisi dengan dua pihak lain, Partai Sosial Demokrat dan Partai Baru Rakyat. (Mainichi Shimbun) (BBC) (Xinhua)

-Korea Selatan Korea Utara menuduh sengaja melepaskan air dari bendungan di Zona Demiliterisasi Korea, di mana enam orang meninggal. (Xinhua) (Yonhap) (Associated Press)

- Sebuah seri baru penusukan jarum suntik terjadi di Urumqi, Cina barat laut. (China Daily) (Press Trust India) (TV Tekan) (The Straits Times)

Korea Utara mengadakan perayaan untuk memperingati ulang tahun ke-61 pendiriannya. (KBK) (The Straits Times)

-Stephen Farrell, seorang wartawan dengan The New York Times, yang diselamatkan di Afghanistan utara setelah empat hari sebagai tawanan Taliban, tapi Afghanistan rekannya Sultan Mohammad Munadi ditembak mati selama penyerangan. (The Times Irlandia)

-"Hari Beatles" adalah seluruh dunia dirayakan sebagai versi remaster dari album The Beatles 'yang dirilis, serta The Beatles: Rock Band. (Newsday)

-Cirno Hari ini disebabkan ⑨ ciri khasnya 'merayakan' (dianggap untuk simbol 'baka', yang berarti 'bodoh' dalam bahasa Jepang) di internet dengan fans Touhou. (Berbagai website dari Google)


Sumber: Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar